Kamis, 26 Maret 2015

Tugas 1 Bahasa Indonesia 2

PENALARAN
    * Pengertian
       Penalaran adalah proses berpikir yang bertolak dari pengamatan indera (pengamatan empirik) yang menghasilkan sejumlah konsep dan pengertian. Dalam pengertian yang lain penalaran adalah suatu proses berfikir untuk menghubung- hubungkan data atau fakta yang ada sehingga sampai pada suatu kesimpulan.
    
    * Hal - hal yang berhubungan
        Dalam proses bernalar, terdapat dua jenis metode yang dapat digunakan, yaitu bernalar secara deduksi dan induksi.
Premis mayor (proposisi yang dianggap benar bagi semua anggota kelas tertentu).
Premis minor (proposisi yang mengidentifikasikan sebuah peristiwa atau fenomenal yang khusus sebagai anggota dari kelas tadi).
Term mayor (ada dalam Premis mayor: predikat).
Term minor (ada dalam Premis minor: Subjek).
Term tengah (terdapat dikedua premis dan tidakk muncul dalam kesimpulan).
        1. Deduksi
             Bernalar secara Deduksi adalah proses penalaran untuk manarik suatu kesimpulan dari suatu prinsip atau sikap yang berlaku umum untuk kemudian ditarik kesimpulan yang khusus. Kesimpulan deduksi dibentuk dengan cara deduksi. Yakni dimulai dari hal-hal umum, menuju kepada hal-hal yang khusus atau hal-hal yang lebih rendah.
 
        2. Induksi
            Penalaran induksi dilakukan terhadap fakta-fakta khusus untuk kemudian dirumuskan sebuah kesimpulan. Kesimpulan ini mencakup semua fakta yang khusus.
 
     * Contoh
       1. Deduksi
           AT - Taqwa adalah sebuah yayasan yang menyediakan berbagai jenjang pendidikan, seperti SD, SMP, MTS, SMA, MA, SMK, Perguruan Tinggi dan Pesantren.
       2. Induksi
           Sejak suaminya meninggal dunia dua tahun yang lalu, Ny. Rima sering jatuh sakit. Setiap bulan ia pergi ke dokter memeriksakan sakitnya. Harta peninggalan suaminya semakin menipis untuk membeli obat dan biaya pemeriksaan, serta untuk biaya hidup sehari-hari bersama tiga orang anaknya yang masih sekolah. Anaknya yang tertua dan adiknya masih kuliah di sebuah perguruan tinggi swasta, sedangkan yang nomor tiga masih duduk di bangku SMA. Sungguh berat beban hidupnya.
 
 
   
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar