Kamis, 20 November 2014

Fiber Optik

    Fiber Optik adalah salah satu perangkat keras sejenis kabel yang berbahan dasar dari serat kaca yang mempunyai kecepatan tranfer data yang sangat tinggi, kabel fiber optic biasanya banyak di gunakan para penyedia layanan internet (ISP) untuk terhubung ke backbone NAP (Network Access Provider).
 
    Fiber Optik atau serat optok ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu Cladding dan Core. Cladding adalah selubung dari core. Cladding mempunyai indek bias lebih rendah dari pada core akan memantulkan kembali cahaya yang mengarah keluar dari core kembali kedalam core lagi. Efisiensi dari serat optik ditentukan oleh kemurnian dari bahan penyusun gelas.Semakin murni bahan gelas, semakin sedikit cahaya yang diserap oleh serat optik.
       
   Pembagian Serat optik dapat dilihat dari 2 macam perbedaan :
   1. Berdasarkan Mode yang dirambatkan :
       Single mode : serat optik dengan core yang sangat kecil, diameter mendekati panjang gelombang sehingga cahaya yang masuk ke dalamnya tidak terpantul-pantul ke dinding cladding.
       Multi mode : serat optik dengan diameter core yang agak besar yang membuat laser di dalamnya akan terpantul-pantul di dinding cladding yang dapat menyebabkan berkurangnya bandwidth dari serat optik jenis ini.
   2. Berdasarkan indeks bias core :
      Step indeks : pada serat optik step indeks, core memiliki indeks bias yang
homogen.
      Graded indeks : indeks bias core semakin mendekat ke arah cladding semakin kecil. Jadi pada graded indeks, pusat core memiliki nilai indeks bias yang paling besar. Serat graded indeks memungkinkan untuk membawa bandwidth yang lebih besar, karena pelebaran pulsa yang terjadi dapat diminimalkan.
 
 

 
               kk.mercubuana.ac.id/elearning/files.../94021-7-607488231158.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar