Selasa, 29 April 2014

SSH ( Secure Shell )

Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang SSH yang sedang ramai dibicarakan di kalangan masyarakat karena banyak yang berasumsi tentang koneksi kencang tanpa kuota dan harga yang murah.
 
Saya yang kesehariannya adalah seorang mahasiswa jurusan komputer dan sangat menggemari Dunia Anime, Manga, dan semua hal tentang JEPANG, saya tidak bisa lepas dari kegiatan MENDOWNLOAD yang telah menjadi rutinitas saya setiap harinya. Tentu saja sebagai mahasiswa, uang yang saya punya tidak lah sebanyak orang yang sudah bekerja, jadi saya harus putar otak bagaimana saya bisa download dengan CEPAT tanpa ada BATASAN WAKTU, TANPA ADA KUOTA, dan HARGANYA MURAH. Belakangan ini saya mendengar tentang SSH dari teman saya yang mengatakan dengan hanya membayar kurang lebih Rp. 30.000,00 saya bisa DOWNLOAD dengan CEPAT,tanpa ada BATASAN WAKTU, dan tanpa KUOTA. Maka dari itu saya tergerak untuk mencari tahu APA SIH SSH ITU?APA SAJA FUNGSI DAN MANFAATNYA?
 
Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pertanyaan pertanyaan yang bermunculan seperti diatas dari beberapa sumber yang saya baca di internet.
 
Secure Shell atau SSH adalah protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan. Linux dan Unix banyak menggunakannya untuk mengakses akun shell, untuk mengganti Telnet dan shell remote tak aman lainnya maka dirancanglah SSH, yang mengirim informasi, terutama kata sandi, dalam bentuk teks sederhana yang membuatnya mudah untuk dicegat. Enkripsinya menyediakan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan yang tidak aman seperti Internet.
 
Pada tahun 1995 Tatu Ylönen seorang peneliti dari Helsinki University of Technology, Finlandia mendesain salah satu protokol SSH pertama yang sekarang disebut sebagai SSH-1 untuk menghalau serangan password-sniffing (teknik pencurian password) pada jaringan universitas itu sendiri.
Sebagai peneliti Tatu Ylönen memutuskan untuk membuat protokol ini sebagai freeware, karena pentingnya aplikasi SSH ini membuat tools ini sangat populer. Dalam waktu singkat lebih dari 20,000 pengguna dari 50 negara di seluruh dunia telah menggunakannya. Saat ini tentu pengguna aplikasi SSH ini telah mencapai jutaan pengguna di seluruh dunia.
 
Berikut ini adalah beberapa fungsi dari SSH :
  1.  Melakukan enkripsi terhadap data yang dikirim.
  2. Protokol untuk pertukaran data dalam suatu jaringan.
  3. Otentifikasi, mekanisme untuk memastikan pengirim dan penerima adalah benar dan aman.
  4. Kerahasiaan, memastikan kerahasiaan data yang dikirim agar hanya diketahui oleh penerima dan pengirim.
Kesimpulannya Secara sederhana SSH yang sering kita gunakan untuk trik internet gratis adalah sebagai tunneling yaitu mengirimkan dan menerima data melalui koneksi lain. Maka dari itu kita bisa MENDOWNLOAD dengan CEPAT, tanpa KUOTA, tanpa LIMIT WAKTU, dan harganya juga MURAH.

Sumber :

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/SSH
  2. http://blogging.co.id/pengertian-dan-fungsi-ssh
  3. http://fineblogge.blogspot.com/2013/06/pengertian-ssh-apa-arti-ssh.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar