Selasa, 01 April 2014

APA SIH TUX ITU ?

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang salah satu animasi atau maskot dari linux yang sudah terkenal yang bernama TUX. Dengan hanya melihat animasi atau maskot ini, untuk sebagian orang yang sudah terbiasa menggunakan sistem operasi linux, pasti akan langsung berfikir bahwa animasi atau maskot tersebut adalah TUX. Namun, untuk sebagian orang yang tidak tahu, tentu mereka akan bertanya tanya ketika melihat animasi atau maskot dari linux ini yang berupa pinguin seperti yang satu ini.
 

 
 
Tux adalah karakter pinguin dan maskot resmi dari linux kernel. Awalnya dibuat sebagai sebuah entri pada kompetisi logo linux. Tux adalah ikon ataupun animasi yang paling umum digunakan untuk linux, walaupun dalam beberapa distribusi linux menggunakan animasi tux dengan gaya yang berbeda beda. Karakter ini digunakan dalam program linux lainnya dan sebagai simbol umum dari linux.
 
Konsep mengenai maskot linux adalah seekor penguin datang dari Linus Torvalds, pencipta linux itu sendiri. Tux dibuat oleh Larry Ewing pada tahun 1996. Torvalds mendapatkan inspirasinya dari gambar yang ia temukan di situs FTP yang menggambarkan figur pinguin yang terlihat aneh seperti karakter makhluk yang nyaman buatan Nick Park. Orang pertama yang menyebut penguin itu dengan sebutan Tux adalah James Hughes yang memiliki arti " (T)orvalds (U)ni(X) " , namun Tux juga merupakan singkatan dari Tuxedo, pakaian yang muncul dalam pikiran seseorang ketika meilhat seekor penguin. Pada beberapa distribusi linux seperti contohnya Gentoo, Tux menyapa para pengguna pada saat booting dengan sistem multiprosesor yang menampilkan beberapa gamabar dari Tux.
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar