Jumat, 31 Oktober 2014

Apa sih Informasi dan Sistem Informasi itu?

Informasi adalah suatu hasil dari pengolahan data menjadi sesuatu yang lebih berguna dan sesuai dengan orang yang membutuhkannya. Ada beberapa tokoh yang berpendapat tentang arti dari informasi itu sendiri, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Menurut Jogiyanto ( 2008 : 8 ) Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.
  2. Menurut Abdul Kadir ( 2003 : 7 ) Informasi adalah hasil analisis dan sintesis terhadap data. Dengan kata lain informasi dapat dikatakan sebagai data yang telah diorganisasikan ke dalam bentuk yang sesuai dengan kebutuhan seseorang.
Data merupakan bentuk yang masih mentah yang belum dapat berguna banyak, sehingga perlu diolah lebih lanjut. Data diolah melalui suatu model untuk menghasilkan informasi. Penerima kemudian menerima informasi tersebut untuk membuat suatu keputusan dan melakukan tindakan, yang berarti menghasilkan suatu tindakan yang lain yang akan membuat sejumlah data kembali. Data tersebut akan ditangkap sebagai input, diproses kembali melalui suatu model dan seterusnya membentuk suatu siklus.
 
Ada 3 hal yang merupakan kualitas dari suatu informasi, yaitu :
1. Akurat maksudnya adalah informasi bebas dari kesalahan kesalahan dan tidak menyesatkan.
2. Tepat pada waktunya maksudnya informasi yang diterima tidak boleh terlambat, karena jika sudah terlambat maka informasi tersebut sudah tidak berarti lagi.
3. Relevan maksudnya adalah informasi tersebut memiliki manfaat untuk pemakainya.
 
Ada beberapa tokoh yang berpendapat tentang arti dari sistem informasi diantaranya adalah :
  1. Menurut Robert A. Leitch / K. Roscoe dalam Jogiyanto ( 2008 : 11 ) Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan bagi pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
  2. Menurut Dr. Richardus Eko Indrajit (2000 : 2) Sistem informasi merupakan suatu kumpulan dari komponen-komponen dalam perusahaan atau organisasi yang berhubungan dengan proses penciptaan dan pengaliran informasi.
Dari beberapa pendapat diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa Sistem Informasi adalah suatu sistem yang terdiri dari komponen-komponen dalam organisasi yang saling berinteraksi dan bekerja sama dalam proses penciptaan dan pengaliran informasi.
 
Sumber : Ebook UNIKOM Indra Wardhana Munandar Bab II

Tidak ada komentar:

Posting Komentar